Tuesday, August 21, 2012

Cara Mencegah HIV AIDS

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus penyebab AIDS (Acquired Immune Deficiency). AIDS adalah serangkaian infeksi oportunistik yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh dilemahkan oleh virus HIV. HIV adalah patogen melalui darah dan ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh, khususnya, darah dan air mani. Rute paling umum penularan adalah berhubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi HIV dan terkena darah yang terinfeksi dan produk darah, di mana darah terjadi kontak dengan luka. Saat ini tidak ada vaksin atau obat untuk HIV, jadi pencegahan merupakan tindakan terbaik. Hal ini dimungkinkan untuk mencegah infeksi HIV dan penularannya dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:
Mengobati Penyakit Menular Seksual
Karena virus lainnya seperti herpes dapat berkontribusi pada infeksi HIV, adalah ide yang baik untuk mengobati penyakit menular seksual PMS sebelum berhubungan seks. Virus herpes, gonorrhea, klamidia dan penyakit lainnya dapat menyebabkan luka terbuka yang memungkinkan virus HIV dengan mudah menembus dan menyerang tubuh. Herpes dapat diobati dengan terapi episodik atau penekan. PMS lain yang paling sering diobati dengan menggunakan antibiotik.
Hindari Resiko yang berkaitan dengan HIV AIDS
HIV AID dimungkinkan menular melalui seks anal dan pada pria yang tidak disunat. Anal seks menyebabkan robek yang memungkinkan terbukanya jalan ditembus oleh virus HIV. Selain itu, berhubungan seks dengan pekerja seks meningkatkan risiko kontraksi HIV. Berganti-ganti pasangan seks juga meningkatkan kemungkinan Anda akan mendapatkan virus HIV. Hindari berbagi jarum jika Anda adalah seorang pengguna narkoba suntikan. Hindari transfusi darah yang tidak diskrining untuk HIV.
Setialah pada Pasangan Anda
Jika Anda dan pasangan Anda telah diuji, dan tidak ada penggunaan narkoba suntikan atau kegiatan seksual di luar, risiko tertular HIV sangat rendah. Jagalah monogami dalam hubungan Anda untuk memastikan Anda dan pasangan Anda tidak berisiko tertular virus.
Penggunaan Kondom
Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks. Lateks atau polyurethane kondom bisa sangat efektif terhadap penularan virus HIV. Pastikan kondom cocok dan tidak meleset saat berhubungan seks, karena setiap kontak dengan cairan tubuh dapat menularkan HIV. Ini termasuk oral seks. Luka kecil di mulut bisa bersentuhan dengan cairan vagina atau mani dan menularkan virus HIV. Jangan gunakan lotion, krim atau jeli dengan kondom untuk menghindari robek.

No comments:

Post a Comment