Sunday, September 2, 2012

Android berjaya, Symbian dan Windows Mobile berdarah-darah

Sistem operasi Android menguasai pasar smartphone di Seluruh dunia. Ini merupakan hasil penelitian dari IDC, sebuah firma riset. Dari data yang dirilis dari The Verge (08/08) Android menguasai pasar dengan 68,1 persen dari seluruh penjualan smartphone di dunia.

IDC lebih lanjut menjelaskan bahwa kenaikan pangsa pasar Android karena penjualan Samsung yang meningkat pesat. Penjualan Samsung sama dengan total penjualan tujuh produsensmartphone Android lain.

Kenaikan penjualan smartphone Android memiliki efek negatif terhadap penjualan iOS milik Apple. iOS hanya mampu menjual 16,9 pada kuartal kedua ini. Angka tersebut turun dari raihan kuartal kedua tahun lalu yang mencapai 23 persen.

Sistem operasi selain Android dan iOS tampaknya semakin tertinggal. tercatat BlackBerry OS, Symbian dan Windows Phone semakin kehilangan minat pasar. BlackBerry OS yang menikmati posisi ketiga hanya mampu menjual sebanyak 4,8 persen, turun dari 11,5 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.

Hasil penjualan Symbian lebih parah. Symbian yang tahun lalu mampu menjual 16,9 persen turun menjadi 4,4 persen. Penurunan penjualan yang dialami oleh Symbian adalah sebesar 75 persen. sedangkan gabungan angka penjualan Windows Mobile dan Windows Phone 7 hanya memperoleh 3,5 persen.

No comments:

Post a Comment